Sabtu, 05 Oktober 2013

SIMPANSE

   simpanse adalah hewan perimata yng sangat cerdas,kecerdasan sma dengan manusia,simpanse msih keluara monyat,Simpanse memiliki tubuh gempal dengan lengan panjang, kaki pendek dan ekor. Sebagian besar tubuh ditutupi dengan rambut hitam panjang, tapi wajah, telinga, jari tangan dan kaki telanjang. Mereka memiliki tangan yang dapat mencengkeram kuat, yang memungkinkan mereka untuk mengambil benda-benda. Penemuan bahwa mereka menggunakan "alat" untuk tujuan tertentu mengejutkan dunia.
Simpanse hidup dalam lingkungan yang sedikit di mana sekitar dari 10 sampai lebih dari 100 simpanse. Simpanse  mungkin tidak pernah membuat tinggal semua bersama-sama, tetapi mereka berbagi berbagai tempat tinggal yang saling melindungi dari penyusup. Anggota masyarakat hijauan sendiri atau dalam kelompok-kelompok kecil yang semua laki-laki, semua perempuan atau campuran. Simpanse betina pindah ketika mereka mencapai masa remaja. Karena anggota simpanse betina sebagian besar tidak terkait mereka tidak bergaul erat dan bahkan tidak perlu pada istilah ramah. Laki-laki, bagaimanapun, berbagi hubungan darah dan sering bekerja sama. Ibu dan anak laki-laki juga mempertahankan hubungan yang bisa bertahan sepanjang hidup mereka.
Simpanse yang sangat vokal dan menggunakan sistem yang rumit suara untuk berkomunikasi satu sama lain. Mereka bagasi, menjerit, mendengus dan drum pada pohon berlubang dengan telapak tangan mereka, kadang-kadang selama berjam-jam. Penemuan bahwa simpanse digunakan alat(tongkat) mengejutkan dunia. Penggunaan tongkat untuk mengumpulkan semut dan rayap dari sarangnya dan batu untuk menghancurkan kacang terbuka memberikan para ilmuwan bukti bahwa manusia tidak hanya menggunakan pemikiran kognitif untuk memecahkan masalah.
Para simpanse betina memiliki siklus estrus dari sekitar 34 sampai 35 hari. Sementara dalam panas, kulit telanjang di bawah nya menjadi merah muda dan bengkak, dan ia mungkin kawin dengan beberapa pejantan. Dia biasanya melahirkan satu bayi, yang menempel erat di dadanya dan, seperti bayi manusia, berkembang agak lambat. Seorang bayi bisa duduk di 5 bulan dan berdiri dengan dukungan pada 6 bulan. Hal ini masih menyusui dan tidur dengan ibunya sampai sekitar 3 tahun, akhirnya menjadi independen dan memisahkan darinya pada sekitar 4 tahun. Kematangan seksual dicapai antara 8 dan 10 tahun.
Simpanse menyentuh setiap berjumpa yang lainnya dan dapat mencium ketika mereka bertemu. Mereka juga memegang tangan dan laki-laki sama lain. Sebuah simpanse dewasa sering memiliki teman istimewa atau pendamping dengan yang menghabiskan banyak waktu. Simpanse betina memberikan anak mereka banyak perhatian dan saling membantu dengan menjaga anak tugas. Simpanse lebih tua dalam kelompok biasanya cukup sabar dengan anak-anak
Jumlah simpanse di alam liar yang terus menurun. Area hutan belantara yang diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka menghilang pada tingkat yang mengkhawatirkan sebagai hutan lebih banyak ditebang untuk pertanian dan kegiatan lainnya. Sebagai kerabat terdekat manusia simpanse rentan terhadap banyak penyakit yang sama, dan menangkap mereka untuk penelitian medis memberikan kontribusi untuk penurunan mereka, terutama di Afrika. sebagai hutan lebih banyak ditebang untuk kegiatan pertanian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar